Pengertian Manfaat dan Jenis Jaringan Komputer

Dengan cara simpel, Pengertian Jaringan Komputer didefinisikan juga sebagai dua atau lebih komputer yang sama-sama terhubung keduanya hingga bisa berkomunikasi/berhubungan dengan komputer yang lain, terhubung info, bisa bertukar data untuk memakai sumber daya dengan cara berbarengan serta memberi ataupun terima service yang dipakai pada semua jaringan komputer.

Diluar itu, jaringan komputer bisa dibedakan jadi dua type yakni jaringan tersentralisasi yang disebut jaringan komputer yang caranya mempunyai ketidaksamaan baik server ataupun client. Komputer server yaitu pusat jaringan komputer yang tersentralisasi.

jaringan komputer

Sedang jaringan terdistribusi adalah jaringan komputer yang caranya dikerjakan oleh seluruhnya piranti komputer di dalamnya. Pada Pengertian Jaringan komputer mempunyai fungsi utama dalam menghimpun sebagian piranti komputer dalam satu organisasi. Banyak juga faedah yang bisa diperolah jika satu perusahaan merangkai suatu jaringan komputer. Jaringan komputer ini banyak dipakai oleh perusahaan untuk kepentingan dalam sharing suatu info.

Tujuan jaringan komputer

Maksud dibangunya satu jaringan komputer adalah membawa info dengan cara pas serta tidak ada kekeliruan dari pihak pengirim (transmitter) menuju ke pihak penerima (receiver) lewat media komunikasi.

Berdasar pada fungsinya, jaringan komputer mempunyai dua type, yakni client-server serta peer-to-peer. Client Server yakni jaringan komputer yang mempunyai suatu komputer yang jadikan juga sebagai server. Peer-to-peer yakni jaringan komputer yang sangat mungkin tiap-tiap host bisa jadi server ataupun client dengan cara berbarengan.

Manfaat Jaringan Komputer

1. Jaringan sangat mungkin manajemen sumber daya lebih efektif. Umpamanya, banyak pemakai bisa sama-sama sharing printer tunggal dengan kwalitas tinggi, dibanding menggunakan printer kwalitas rendah di semasing meja kerja. Diluar itu, lisensi piranti lunak jaringan bisa lebih murah dibanding lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pemakai sama.

2. Jaringan menolong menjaga info supaya terus handal serta up-to-date. System penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik sangat mungkin banyak pemakai terhubung data dari beragam tempat yang tidak sama, serta membatasi akses ke data pada saat tengah diolah.

3. Jaringan menolong mempercepat sistem sharing data (data berbagi). Transfer data pada jaringan senantiasa lebih cepatdibandingkan fasilitas sharing data yang lain yang bukanlah jaringan (flasdisk, disket, CD, serta lain sebagainya).

4. Jaringan sangat mungkin kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efektif. Surat serta penyampaian pesan elektronik (e-mail) adalah substansi beberapa besar system jaringan, disamping system penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi on-line serta grupware, di mana seluruhnya menolong tim bekerja lebih produktif.

5. Jaringan menolong usaha dalam melayani client mereka dengan cara lebih efisien. Akses jarak-jauh ke data terpusat sangat mungkin karyawan bisa melayani client di lapangan serta client bisa segera berkomunikasi dengan penyuplai.

Beberapa jenis jenis jaringan komputer berdasar pada topologi

1. Topologi Bus
2. Topologi Ring
3. Topologi Tree
4. Topologi Mesh
5. Topologi Linier

Beberapa jenis jaringan komputer berdasar pada fungsinya

1. Client - Server
Adalah jaringan komputer yang dikhususkan juga sebagai client serta server, service ini dapat didapatkan dari 1 atau lebih komputer.

2. Peer-to-Peer
Adalah jaringan komputer yang tiap-tiap host nya bisa jadi suatu server atau jadi client dengan cara berbarengan.

Beberapa jenis jaringan komputer berdasar pada media transmisi

1. Jaringan berkabel (Wired Network)
Jaringan ini mengunakan media kabel dalam menghubungkan tiap-tiap komputer dalam jaringan

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Jaringan ini tak memakai media kabel juga sebagai alat pengbungnya, namun memakai gelombang elektromagnetik dalam tiap-tiap kiriman tanda infonya.

Beberapa jenis jaringan komputer berdasar pada jangkauan

1. LAN (Local Ruang Network)
Local Ruang Network kerap kita temui diperkantoran, universitas, ataupun warnet. Jaringan ini bisa menghubungkan kian lebih 2 komputer di ruang jarak dekat (terbatas) sampai sebagian KM saja. Jaringan ini umumnya terbagi dalam komputer, printer, serta piranti yang lain.

2. MAN (Metropolitan Ruang Network)
Sesuai sama namanya jadi type jaringan ini memberi service sampai lokasi yang luas serta kekuatan transfer datapun berkecepatan sangatlah tinggi. Lokasi yang bisa jadi cakupannya sekitar sampai 50 KM. MAN ini adalah rangkaian LAN yang memiliki ukuran serta berjarak semakin besar.

3. WAN (Wide Ruang Network)
Type jaringan ini memberi service lebih luas lagi di banding MAN yakni bisa menghubungkan satu lokasi bahkan juga negara lain. WAN pada intinya adalah himpunan sebagian LAN yang ada di lokasi-lokasi hingga diperlukan suatu piranti untuk menghubungkannya serta piranti itu kita sebut router.